Ongkos dan Penerimaan
I. Macam - Macam Ongkos
I. Macam - Macam Ongkos
Ongkos adalah menunjukkan saling berhubungan antara jumlah ongkos produksi dengan tingkat output yang dihasilkan. Sedangkan yang dimaksud dengan ongkos produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produlsi yang gunanya untuk memproduksi output atau pengeluaran.
Macam-macam ongkos diantaranya sebagai berikut :
- Total Fixed Cost (Ongkos Total Tetap) adalah jumlah ongkos yang tetap yang tidak dipengaruhi oleh tingkat produksi. Contoh penyusutan, sewa, dsb.
- Total Variabel Cost (Ongkos Variabel Total) adalah Jumlah ongkos-ongkos yang dibayarkan yang besarnya berubah menurut tingkat yang dihasilkan. Contoh ongkos bahan mentah, tenaga kerja, dsb.
- Total Cost (Ongkos Total) adalah penjumlahan antara ongkos total tetap dengan ongkos total variabel. TC = TFC + TVC
- Averege Fixed Cost (Ongkos Tetap Rata-Rata ) adalah ongkos tetap yang dibebankan kepada setiap unit output.
- Averege Fixed Cost (Ongkos Variabel Rata-Rata) adalah ongkos variabel yang dibebankan untuk setiap unit output.
- Averege Total Cost (Ongkos Total Rata-rata) adalah ongkos produksi yang dibebankan untuk setiap unit output.
- Marginal Cost (Ongkos Marginal) adalah tambahan atau berkurangnya ongkos total karena bertambahnya atau berkurangnya satu unit output.
Ongkos Produksi dapat dibedakan menjadi :
- Ongkos Produksi Jangka PendekDidalam suatu ongkos produksi jangka pendek sebuah perusahaan sudah mempunyai peralatan-peralatan untuk produksi seperti halnya mesin, gedung dan tanah. Masalah yang perlu diperhatikan didalam ongkos jangka produksi pendek ini adalah bagaimana mengatasi masalah kebijakan bahan baku, tenaga kerja dan sebagainya ini adalah merupakan ongkos variabel. Jadi didalam ongkos produksi jangka pendek ini juga terdapat ongkos tetap dan ongkos variabel.
- Ongkos Produksi Jangka PanjangDidalam ongkos produksi janka panjang ini sebuah perusahaan dapat menambah semua faktor produksi, sehingga tidak ada yang namanya ongkos tetap didalam ongkos produksi jangka panjang. Semua pengeluaran didalam ongkos jangka panjang ini merupakan ongkos variabel.
II. Kurva Ongkos
Kurva
ongkos adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara jumlah ongkos
produksi dengan tingkat output yang dihasilkan. Ongkos produksi adalah
semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh
faktor-faktor produksi guna memproduksi output.
III. Penerimaan (Revenue)
Penerimaan (Revenue) adalah segala penerimaan produsen dari hasil
penjualan outputnya atau kurva yang didalamnya memproduksi suatu
barang, ada dua hal yang menjadi
fokus utama dari seorang pengusaha dalam rangka mendapatkan keuntungan
yang maksimum, yaitu ongkos (cost) dan penerimaan (Revenue).
Macam-macam dari penerimaan yaitu diantaranya :
- Total Penerimaan (Total Revenue)Total Revenue di singkat TR atau juga bisa disebut dengan total penerimaan yaitu penerimaan dari hasil penjualan.
- Penerimaan Rata-rata (Avarage Total Revenue)Average Total Revenue yang disingkat AR atau yang lebih dikenal sebagai penerimaan rata-rata yaitu adalah rata-rata penerimaan dari per kesatuan produk yang dijual atau yang dihasilkan, dan yang diperoleh dengan jalan membagi hasil total penerimaan dengan jumlah satuan barang yang dijual.
- Penerimaan Marginal (Marginal Revenue)Marginal Revenue yang disingkat MR atau juga bisa disebut dengan penerimaan marginal adalah suatu penambahan penerimaan atas TR sebagai akibat penambahan satu unti output.
IV. Keuntungan Maksimum
Motivasi
bagi produsen untuk melakukan kegiatan ekonomi (dalam hal ini untuk
menghasilkan suatu barang atau jasa) adalah memperoleh keuntungan, yang
merupakan kepentingan perusahaán individual/pribadi (self interest).
Lebih lengkap lagi, yang menjadi kepentingan pribadi tersebut adalah
keinginan memperoleh keuntungan (profit) yang sebesar-besarnya dari
sumber-sumber ekonomi yang sudah tertentu yang di alokasikan dalam
kegiatan produksi. Dengan demikian, tujuan untuk mendapatkan keuntungan
sebesar-besarnya (maksimum) merupakan asumsi dalam meng-analisis
perilaku produsen (individual maximization). Sekalipun paradigma untuk
memperoleh keuntungan yang maksimum sudah bergeser pada paradikma
penetrasi pasar, atau yang berorientasi pada pasar, paradigm a
optimimalisasi secara teroritik di pertahankan karena akan memberikan
dasar secara logis dalam analisis ekonomi. Di samping itu, dalam
persaingan sempurna terdapat begitu banyak pernjual/ produsen prinsip
optimalisasi penggunaan sumber ekonomi merupakan hal yang masih
dipertahankan(ingat bahwa produsen secara individu tidak dapat
mempengaruhi harga).
Harga merupakan petunjuk yang sangat
berguna dalam mengalokasikan sumber-sumber ekonomi yang jumlahnya
tertentu sehingga dapat di perkirakan apakah biaya produksi rata-rata
masih memberikan keuntungan, baik keuntungan ekonomi (supernormal
profit) atau keuntungan yang normal. Untuk memperoleh ke-untungan yang
maksimum, produsen bekerja dalam kondisi dimana MR=MC(penerima
marginal=biaya marginal). Syarat keuntungan jangka pendek, dimana
produsen masih mengenal biaya tetap (FC) dan biaya variabel (VC)
Keuntungan Maksimum Bagi Produsen
|
- AR= penerima rata-rata = permintaan (D) = penerimaan marginal (MR).
- MR=MC pada titik B,dari B di tarik garis vertical ke bawah memotong AC di titik E,AC = Q1E, tinggi harga Q₁ B= OP = keuntungan rata-rata.
- TR = O Q₁ x Q₁B= luas segi empat OQ₁,BP.TC= OQ. ₁xOC=luas segiempat=OQ₁OC.
- Keuntungan total =TR-TC= luas segiempat CEBP.
Pada Gambar keuntungan
maksimum bagi produsen, kurva permintaan horizontal , seperti
diutarakan pada bab dimuka bahwa kurva permintaan yang dihadapi produsen
individual dalam persaingan sempurna adalah horizontal (PB). Kurva
permintaan juga sebagai AR(penerimaan rata rata/unit). Dengan demikian ,
P=D=AR=MR.
Pada
titik B,MR=MC . kalau dari titik B dibuat garis turun kebawah maka
akan memotong sumbu datar pada titik Q1. Pada EQ menunjukan biaya
rata-rata(AC), dan BQ1 menunjukkan tingginya harga dan juga tingginya
MR.keuntungan menurut definisi adalah selisih antara TR dan TC.
Dalam Hal ini:
TR=oQ₁xOP = luas segi empat BECP
TC=OQ₁ x EQ₁= luas segi empat ECOQ₁
Keuntungan = luas segi empat ECPB
Keuntungan ini merupakan ekonomi (supernoimal profit), yaitu keuntungan yang di peroleh karena AC.
Analisis Profit Maksimum
Tingkat produksi yang memberikan keuntungan maksimum dapat disidik dengan pendekatan diferensial. Karena baiak penerimaan total (Revenue, R) maupun biaya (Cost, C) sama-sama merupakan fungsi dari jumlah keluaran yang dihasilkan/terjual (Quantity, Q), maka di sini dapat dibentuk suatu fungsi baru yaitu fungsi keuntungan (π). Ada dua syarat agar diperoleh suatu keuntungan maksimum (maximum profit):
π’ = 0
π’’ <>
dimana
π = R – C
Daftar Pustaka:
1. Dumairy. Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. 1999. Yogyakarta.
2. Dowling Edward. Matematika untuk Ekonomi. 1995. Jakarta
3. Prof.DR.Soeharno, TS.,SU, Teori Mikro Ekonomi.2007. Yogyakarta
0 komentar:
Posting Komentar