Pengertian Manajemen
.Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manègeyang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.Kata manajemen mungkin berasal dari Bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”
Secara universal manajemen adl penggunaan sumberdaya organisasi utk mencapai sasaran dan kinerja yg tinggi dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit.
Definisi manajemen yg dikemukakan oleh Daft (2003:4) sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi
Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli
1.Hendri Fayel
Henry Fayol lahir di Istanbul tahun 1841 dan wafat di Paris pada tahun 1925 . Fayol adalah seorang teoris manajemen atau administrasi asal Prancis. Namun 5 teori yang terkenal dari hendri fayel adalah
- Perencanaan (Planning)
- Mengorganisir (Organizing)
- Memerintah (Commanding)
- Mengkoordinir (Coordinating)
- Mengawasi (Controlling).
2. Ernest Dale
Menurut Ernest Dale Fungsi Manajemen adalah
Menurut Ernest Dale Fungsi Manajemen adalah
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Innovating
- Representing
- Controling
Menurut George R Terry Fungsi Manajemen itu :
- Perencanaan (Planning) adalah rencana dari setiap manager untuk memajukan visi dan misi perusahaan nya agar terus maju dan berkembang dalam persaingan antara perusahaan lain.
- Pengorganisiran (Organizing) adalah fungsi organisasi untuk mewujudkan agar planning dalam organisasi dan manajemen berjalan dengan lancar serta terlaksana dengan baik.
- Pengerakan (Actuating) maksud nya adalah menempatkan segala sesuatu sesuai dengan prosedur nya.
- Pengawasan (Controlling) maksud nya memberikan pengawasan dari manager yang bisa mengatur organisasi agar sebuah organisasi terus berjalan dengan baik.
Fungsi Manajemen menurut nya adalah :
- Perencanaan (Planning)
- Mengorganisir (Organizing)
- Melengkapkan tenaga kerja (Staffing)
- Mengarahkan (Directing)
- Mengkoordinasi (Coordinating)
- Melaporkan (Reporting)
- Menyusun angaran (Budgeting)
Secara umum Organisasi adalah perserikatan untuk mendapatkan suatu tujua
Arti dari Organiasasi sendiri memiliki 3 jenis dari dinamis,bagan dan badan.
- Organisasi dalam arti dinamis adalah proses penetapan dan pembagian pekerjaan,pembatasan tugas dan tanggung jawab, serta penetapan hubungan antara unsur-unsur organisasi, sehingga dapat bekerja dengan efektif untuk mencapai tujuan
- Organisasi dalam arti bagan adalah gambaran skematis tentang hubungan kerja sama antara orang-orang yang terdapat dalam suatu badan untuk mencapai tujuan
- Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
- adanya sekumpulan orang
- adanya tujuan yg di capai
- adanya pembagian tugas diantara mereka
bentuk badan struktur Organisasi
Menurut Kevin Davis ada 6 cara badan struktur organisasi , ialah :
- Bentuk Vertikal
- Bentuk Elips
- Bentuk Mendatar/Horizontal
- Bentuk Lingkaran/Circular
- Bentuk Setengah Lingkaran / Semi Circular
- Bentuk Piramida Terbalik (invented pyramid)
Hal ini dikemukakan pula oleh Keith Davis sebagai berikut ;
0 komentar:
Posting Komentar